Celebrity

Awal Mula Kasus Johnny Depp dan Amber Heard, Siapa yang Bohong?

June 18, 2022
Awal Mula Kasus Johnny Depp dan Amber Heard, Siapa yang Bohong?

THE SHOW ID – Siapa yang menyangka kalau hubungan dua selebriti Hollywood ini bisa berubah 180 derajat. Johnny Depp dan Amber Heard. Keduanya pernah saling jatuh cinta hingga akhirnya menikah pada 2015. Depp, 59, berkencan dengan Heard, 36 setelah hubungannya dengan partnernya, Vanessa Paradis, kandas. Depp dan Paradis berkencan sejak 1998 hingga 2012 dan memiliki dua anak.

Setelah itu, Depp pacaran dengan Heard, lawan mainnya di film The Rum Diary (2011). Mereka lalu menikah pada 2015. Sayang, rumah tangga keduanya juga tidak bertahan lama. Heard mengajukan gugatan cerai pada Mei 2016. Heard menyebut selama menjalin hubungan dengan bintang film Pirates of the Caribbean itu dia mengalami kekerasan secara verbal dan fisik, biasanya ketika Depp berada di bawah pengaruh alkohol dan obat-obatan terlarang. Perceraian mereka bikin heboh dunia hiburan.

Meski Depp membantah semua tuduhan Heard kepadanya, publik sudah terlanjur mengetahui permasalahan mereka. Apalagi Heard ‘menyerang’ Depp dengan opini di media kalau dia adalah perwakilan figur publik yang mengalami kekerasan. Efeknya Depp mengalami cancel culture ketika dia dicitrakan sebagai pelaku kekerasan dalam rumah tangga. Bagaimana lagi, citranya rusak. Kontraknya dengan Disney untuk franchise film Pirates of the Caribbean diputus. Padahal sejak film pertama pada 2003 sampai film kelima pada 2017, Depp berhasil menghidupkan film itu dengan karakter yang dia mainkan, Jack Sparrow.

Proses perceraian mereka termasuk ribet. Penyelesaian proses perceraian itu baru disepakati pada 2016. Finalisasinya baru terjadi pada 2017 dengan keputusan Depp membayar uang penyelesaian perceraian terhadap Heard sebesar USD 7 juta atau sekitar Rp 101 miliar. Ketika itu, Heard menjanjikan kalau uang tersebut akan dia sumbangkan ke yayasan sosial yakni American Civil Liberties Union (ACLU) dan Rumah Sakit Anak Los Angeles, yang kemudian di persidangan terungkap kalau uang tersebut tidak disumbangkan.

Kalau Perceraiannya Sudah Rampung, Kenapa Ada Sidang Lagi?

Sebelum menjawab pertanyaan itu, kita kembali dulu ke tahun 2018. Pada bulan Juni di tahun tersebut, Depp mengajukan gugatan pencemaran nama baik di Inggris terhadap News Group Newspaper (NGN), grup media yang menerbitkan The Sun. Media tersebut menyebut Depp sebagai wife beater alias pemukul istri dalam sebuah artikel pada bulan April 2018. Persidangan dilakukan pada 2020 dan Heard menjadi saksi kuncinya. Dari persidangan itu, Depp kalah. Dia mengajukan banding tapi ditolak.

Lalu pada Februari 2019, Depp menggugat Heard dengan tuduhan yang sama, pencemaran nama baik, atas tulisan opini yang dimuat di media The Washington Post. Dalam tulisan opini itu Heard menyebut dirinya sebagai figur publik yang mewakili kekerasan dalam rumah tangga. Tulisan Heard lainnya yang menjadi dasar Depp mengajukan gugatan adalah bintang Aquaman itu menyebut bagaimana institusi melindungi pria yang dituduh melakukan pelecehan. Menurut Depp itu adalah fitnah karena dialah yang dilecehkan oleh mantan istrinya. Tuduhan-tuduhan yang dilayangkan Heard selama ini adalah tipuan untuk merusak hidup dan karirnya. Depp menggugat Heard dengan nominal USD 50 juta (sekitar Rp 726 miliar).

Pihak Heard merespon gugatan itu dengan mengajukan gugatan balik pada 2020, dengan tuntutan ganti rugi sebesar USD 100 juta. Heard menggugat Depp dan menuduh mantan suaminya melakukan kampanye hitam di media sosial dan mengatur petisi online agar dia dipecat dari film Aquaman dan L’Oreal. Tuduhan selanjutnya adalah berkaitan dengan perkataan mantan pengacara Depp, Adam Waldman, yang menuduh Heard sebagai penyebar hoax dan melakukan tipuan penyergapan untuk menjebak kliennya.

Nah persidangan atas gugatan Depp dan Heard pada 2019 dan 2020 inilah yang dilakukan sepanjang Maret hingga Mei 2022 lalu. Sidang tersebut menghadirkan saksi-saksi dari kedua belah pihak dan juga menunjukkan bukti-bukti yang mendukung.

Perhatian publik sedunia terhadap kasus ini begitu besar karena selain melibatkan dua orang dengan profil tinggi, juga karena sidangnya dilakukan terbuka dan disiarkan langsung. Jadi semua orang bisa mengikuti jalannya persidangan.

Apa Saja yang Terungkap di Persidangan?

Baik kubu Johnny Depp maupun Amber Heard memperlihatkan bukti-bukti berupa foto, tangkapan layar percakapan, rekaman suara, dan juga video.

Terungkap juga bahwa Depp pernah dilarikan ke rumah sakit karena salah satu ujung jarinya nyaris putus akibat dilempar botol Vodka oleh Heard, ketika mereka bertengkar hebat di Australia pada 2015.

Dalam kesaksiannya di persidangan Heard sempat menyebut soal Kate Moss, mantan pacar Johnny Depp, ketika dia menjelaskan tentang pertengkaran yang terjadi antara Depp dengan adiknya, Whitney Heard. Dia bilang, dia langsung teringat tentang Kate Moss merujuk pada rumor yang beredar ketika Depp masih berpacaran dengan supermodel itu. Rumor tersebut menyebut kalau Depp mendorong Moss hingga jatuh dari tangga.

Heard mengatakan rumor yang tidak terverifikasi ini sebagai alasannya ketika menceritakan situasinya. Alhasil, pernyataannya itu dipatahkan tanpa ragu oleh pihak Depp. Pengacara Depp mendatangkan Moss sebagai saksi dan menceritakan kejadian yang sebenarnya. Moss menyebut ketika kejadian yang dirumorkan itu, dia terpeleset sendiri karena saat itu hujan badai. Justru Depp yang segera menolongnya. Moss juga menegaskan selama berhubungan dengan Depp, tidak pernah sekalipun mendapatkan kekerasan seperti tamparan, tendangan, atau lemparan.

Kebohongan lain yang terungkap di persidangan adalah soal pernyataan pengacara Heard yang menyebut kliennya selalu membawa All-In-One Correcting Kit Milani Cosmetics untuk menutupi memar di wajah akibat kekerasan yang dilakukan Depp. Pengacara Heard memang tidak menyebut brand, dia hanya menunjukkan make-up kit itu di persidangan. Dia lalu menjelaskan campuran warna apa yang dipakai oleh kliennya untuk menutupi memar.

Milani Cosmetics sebagai perusahaan yang produknya dibawa-bawa ke persidangan Depp-Heard, lantas membuat video di TikTok. Perusahaan tersebut merasa perlu memberi penjelasan karena ada fakta yang dikaburkan. Video itu memperlihatkan katalog produk yang menuliskan detail jenis produk yang dimaksud. Make-up kit yang ditunjukkan oleh pengacara Heard di persidangan itu baru rilis tahun 2017. Jadi, tidak mungkin Heard menggunakan produk itu untuk menutupi bekas memar. Pada tahun 2017, keduanya sudah bercerai.

Kenapa Sidang Johnny Depp dan Amber Heard Berlangsung di Virginia?

Karena opini Amber Heard ditayangkan di situs online The Washington Post dan servernya berada di Fairfax County, Virginia. Itulah kenapa pengacara Depp mengajukan gugatan di sana.

Virginia adalah negara bagian di AS yang masih menoleransi pasal pencemaran nama baik. Pasal tersebut biasanya dipakai untuk mengintimidasi. Sebetulnya pihak Heard sempat mengusahakan agar sidangnya dipindah ke California karena di sana pasal pencemaran nama baik sudah tidak terlalu didukung. Namun upaya mereka gagal. Sidang tetap berlangsung di Virginia. (*)

Sumber: CNN, Variety, The Hollywood Reporter, BBC, Kompas.com

Foto: via People

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *