Celebrity

Behind The Scene: Setelah Will Smith Menampar Chris Rock

April 17, 2022
Behind The Scene: Setelah Will Smith Menampar Chris Rock

THE SHOW ID – Insiden Will Smith menampar Chris Rock di Oscars 2022 menjadi sejarah buruk dalam siaran televisi. Tidak ada yang menyangka kejadiannya bakal seperti itu. Bahkan produser Oscars Will Packer, 48, orang yang bertanggung jawab atas keseluruhan acara siaran langsung ajang penghargaan tersebut, tidak terpikir kalau insiden tersebut terjadi.

Dalam wawancara di program ABC News, Packer menjelaskan detail kejadian di balik layar setelah penamparan itu terjadi. Packer mengonfirmasi kalau Chris Rock, 57, melakukan freestyling dengan membuat lelucon di luar skrip tentang Jada Pinkett Smith.

will smith menampar chris rock
Produser Oscars Will Packer dalam wawancara dengan program ABC News membahas insiden Will Smith-Chris Rock. (Sumber: YouTube ABC News)

Meski begitu, Packer tidak merasa khawatir ketika tahu Rock mulai ’’keluar’’ naskah. Karena, tidak ada orang yang lebih baik melakukannya, apalagi di depan audiens dalam format siaran langsung, selain Chris Rock. Bahkan ketika Smith berjalan naik panggung ke arah Rock, Packer masih tidak punya pikiran aneh-aneh.

 ’’Aku masih berpikir kalau Will dan Chris sedang melakukan sesuatu dengan gaya mereka sendiri. Aku masih berpikir, okay sesuatu yang lucu bakal terjadi nih. Will bakal ngomong sesuatu ke Chris nih buat nimpalin guyonannya. Karena memang itu gayanya mereka berdua,’’ jelasnya.

Sampai kemudian Packer melihat Smith berteriak ke Rock dari kursinya. ’’Hatiku rasanya langsung meluncur ke perut. Oh no, no, enggak begini seharusnya. Aku langsung merasa hancur,’’ lanjut dia. Packer segera menghampiri Rock yang berjalan dengan pemenang kategori Best Documentary Feature ke belakang panggung.

 ’’Apa dia benar-benar menamparmu?,’’ tanya Packer ke Rock

’’Yeah, aku baru saja dipukul sama Muhammad Ali,’’ jawab Rock merujuk pada peran yang dimainkan oleh Smith di film biografi Ali (2001).

Meski baru saja mengalami kejadian yang bikin shock, joke mode-nya masih on. Packer lantas memastikan apa yang dibutuhkan Rock. Tapi kemudian komedian kawakan itu mengatakan kalau dia baik-baik saja. ’’Aku enggak percaya ini terjadi tapi aku baik-baik aja. Udah biarin aja. Aku juga akan segera pergi dari sini,’’ jawab Rock pada Packer.

Polisi LA Datang, Chris Rock Menolak Melaporkan Will Smith

Tidak lama setelah insiden terjadi, Los Angeles Police Department (LAPD) datang ke Dolby Theatre. Dikutip dari Variety pihak kepolisian mengetahui adanya insiden penamparan yang terjadi selama acara Oscars berlangsung, melibatkan dua orang. Mereka lalu datang ke TKP dan ditemui oleh produser Will Packer. Ada Chris Rock juga.

Saat itu LAPD berkata pada Packer, ’’Ini tindakan pemukulan. Kami akan menjemputnya (Will Smith, Pen) dan kami sudah siap. Anda bisa mengajukan tuntutan. Kami akan menangkapnya.’’ Namun Chris Rock, sebagai orang yang dipukul, menolak untuk mengajukan tuntutan. ’’No, no, no. Aku baik-baik aja,’’ tegas Rock.  Packer lalu membujuk Rock untuk mendengarkan penjelasan LAPD sampai tuntas tentang opsi-opsi yang bisa dipilih. LAPD bahkan menawarkan diri untuk segera menindak. Tapi lagi-lagi Rock menegaskan kalau menolak. ’’Dia bilang, tidak,’’ kata Packer. LAPD menghargai keputusan Rock. Namun mereka menegaskan jika kemudian hari pihak yang menjadi korban penamparan ingin membuat laporan, LAPD siap membantu.

Baca juga: Will Smith Minta Maaf, Disanksi, dan Bepergian Ke Mumbai

Kenapa Will Smith Tidak Dikeluarkan Dari Venue Oscars?

Setelah Will Smith menampar Chris Rock, dia tetap berada di kursinya sampai acara berakhir. Hal ini memantik reaksi publik terkait cara pihak AMPAS (Academy Motion of Picture Arts and Sciences) dan produser meng-handle krisis ini.

Dalam wawancaranya dengan ABC News, produser Will Packer mengungkapkan kalau Shayla Cowan (juga produser Oscars, red) menyampaikan padanya bahwa Will Smith, 53, akan dikeluarkan dari venue. ’’Pembicaraan itu terjadi sebelum pengumuman kategori Best Actor,’’ jelas Packer. Packer lalu segera menemui pihak AMPAS dan bilang kalau Chris Rock tidak menginginkan situasi menjadi lebih buruk. Terjadi diskusi antara Packer dan AMPAS untuk memilih cara mengatasi situasi tersebut.

Senada dengan Packer, tiga hari setelah acara, tepatnya pada Rabu (30/3) AMPAS merilis pernyataan terkait insiden yang melibatkan Chris Rock dan Will Smith. Dikutip dari www.nytimes.com pernyataan tersebut antara lain mengungkapkan kalau Smith sudah diminta untuk meninggalkan acara tapi dia menolak.

Melalui Twitter @theacademy, AMPAS mengunggah statement pada Senin (28/3). ’’ The Academy does not condone violence of any form. Tonight we are delighted to celebrate our 94th Academy Awards winners, who deserve this moment of recognition from their peers and movie lovers around the world,’’ demikian bunyi postingan tersebut. Intinya, AMPAS tidak memaafkan kekerasan dalam bentuk apapun.

Host Oscars Wanda Sykes Bela Chris Rock

Publik menyoroti sikap Will Smith setelah menampar Chris Rock dengan sengaja. Selain karena tetap berada di venue acara hingga rampung, Smith juga menikmati pesta usai acara. Kalau mengira dia menunjukkan rasa penyesalannya, itu tak terlihat. Demikian yang ditulis oleh Variety.

Smith datang ke Vanity Fair After Party bersama rombongannya. Dia bahkan berdansa saat DJ memainkan hits Smith, Gettin’ Jiggy Wit It. Dia menari di tengah kerumunan fans sambil mengayunkan piala Oscar-nya.

Video amatir yang beredar di TikTok yang memperlihatkan reaksi Jada Pinkett Smith saat insiden.

Beberapa hari setelah Oscars berlangsung, sebuah rekaman video yang memperlihatkan reaksi istri Smith, Jada Pinkett Smith, saat insiden terjadi beredar di dunia maya. Video amatir yang sepertinya direkam dengan handphone itu beredar di TikTok. Dari video tersebut terlihat kalau perekam berada di belakang Smith-Jada.

Ternyata, Jada pun sempat tertawa setelah suaminya menampar Rock. Tepatnya ketika Rock ngomong, ’’Will Smith just smacked the shit out of me.’’ Suasana baru menjadi hening setelah Smith berteriak ke Rock dari kursinya.

Sebetulnya ajang penghargaan Oscars 2022 sudah beda (dalam arti positif) tanpa adanya insiden Will-Chris. Untuk kali pertama setelah 3 tahun akhirnya ada host lagi. Tahun ini ada tiga host sekaligus yakni Wanda Sykes, Amy Schumer, dan Regina Hall. Cuma sayang, pada akhirnya keberadaan host ini pun ketutup kejadian Will-Chris.

will smith menampar chris rock
Host Oscars Wanda Sykes di program The Ellen Show. (Sumber: YouTube TheEllenShow)

Wanda Sykes, 58, dalam wawancara di The Ellen Show bersama Ellen DeGeneres, mengungkapkan kekecewaannya dan memberikan pendapat yang condong ke Chris Rock. ’’Sangat memuakkan,’’ komentar Sykes tentang kejadian tersebut. ’’Mereka membiarkan dia (Will Smith, Pen) tetap berada di ruangan sampai acara selesai. Itu menjijikkan,’’ lanjutnya.

Masih dalam wawancara dengan Ellen, Sykes mengungkapkan kalau setelah kejadian, tidak ada yang meminta maaf padanya, pun ke dua host lainnya. ’’No one,’’ tegasnya. Sebagai host, mereka ibarat tuan rumah. Mereka bekerja keras untuk menyambut audiens dan memastikan mereka nyaman dan bersenang-senang selama acara berlangsung. ’’Aku pribadi melihat industri (hiburan) ini kayak, ini apaan sih?,’’ ungkapnya kecewa.  

Sykes juga bercerita kalau dia bertemu dengan Rock setelah Oscars dalam sebuah kesempatan. Ketika mereka saling menghampiri, hal pertama yang diungkapkan oleh Chris Rock adalah permintaan maaf pada Sykes. ’’Hei, kenapa kamu minta maaf,’’ tanya Sykes ke Rock.

Dan ini jawaban Rock:

’’Seharusnya malam itu adalah momenmu. Seharusnya itu menjadi malam besarmu, dan Amy juga Regina. Kalian sudah mempersiapkannya dengan susah payah dan kalian melakukan tugas kalian dengan baik. Aku minta maaf. Seharusnya (Oscars) ini bukan tentang kejadian (tamparan) ini.’’(*)

Foto Lead: Instagram @theacademy

Janesti
Follow Me

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *